Cara Pelaksanaan Niat dan Doa Shalat Sunat Dhuha


Advertisement
Advertisement
Cara, Doa, Niat Shalat Dhuha  - Alhamdulillah segala puji hanya milik Alloh yang maha pengasih dan maha penyayang pada hambanya yang beriman. Sebagai hamba yang taat pada sabda-Nya senantiasa kita diperintahkan untuk selalu mengikuti jejak kekasih-Nya yaitu Nabi Muhammad SAW baik itu berupa ucapannya, perbuatannya dan yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari Nabi yang menjadi suri tauladan bagi semua umat.

Adalah perbuatan Nabi yang tidak termasuk ke dalam firman Alloh namun mengandung makna ketaatan pada Alloh berupa perbuatan yang dipandang sunnah kita tiru dan kita amalkan, diantara amalan-amalan itu adalah shalat sunat yang banyak sekali namanya sesuai dengan waktu pelaksanaannya. Diantara shalat sunat yang paling masyhur ialah Cara Shalat Sunat Dhuha dengan faidah dan pahala yang sangat besar.

Disini saya akan mengupas tuntas Tata Cara, Niat dan Doa Shalat Dhuha Lengkap berikut doa-nya yang sangat masyhur. Mungkin dari kalian banyak yang belum faham seputar pelaksanaan shalat sunat dhuha, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dan bermanfaat sekali untuk anda dalam melaksanakan  sebagian sunnah nabi.

Cara Pelaksanaan Niat dan Doa Shalat Sunat Dhuha

Definisi Shalat Dhuha

Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu antara waktu naiknya matahari setinggi tombak (kira-kira pukul 07.00 WIB) dan tergelincirnya (masuk waktu zhuhur). Hukumnya sunat. Sedangkan jumlah raka’atnya paling sedikit 2 raka’at, dan paling banyak 12 raka’at. Jadi shalat dhuha boleh dikerjakan 2 raka’at, 4 rakaat,6 rakaat, 8 rakaat, 10 rakaat , atau 12 rakaat. Jika dikerjakan lebih dari 2 rakaat, maka setiap 2 rakaat satu kali salam (dua rakaat dua rakaat).

Cara Pelaksanaan dan Niat Shalat Dhuha

Cara pelaksanaan shalat dhuha sama seperti cara peleksanaan shalat fardlu, baik gerakan maupun bacaannya. Perbedaannya hanya pada niat. Niat shalat dhuha adalah:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATADH DHUHAA RAK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA.

Artinya: “Aku (niat) shalat sunat dhuha 2 raka’at, karena Allah ta’ala.”

Bacaan Surat Shalat Dhuha

Adapun surat yang  dibaca boleh surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca surat berikut:
  • Rakaat pertama : surat Asy-Syams.
  • Rakaat kedua : surat Adh-Dhuha.

Jika dikerjakan 4 rakaat , maka 2 rakaat berikutnya dibaca:
  • Rakaat pertama : surat Al-Kaafirun
  • Rakaat kedua : surat Al-Ikhlash.
Atau pada rakaat pertama ayat kursi 10 X, dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlash 10 X.

Doa Shalat Dhuha

Setelah selesai shalat, dilanjutkan dengan membaca do’a shalat sunat dhuha berikut:


اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya: “Wahai Allah! Sesungguhnya waktu dhuha adalaha waktu dhuha Engkau, keindahan adalah keindahan Engkau, kebagusan adalah kebagusan Engkau, kekuatan adalah kekuatan Engkau, kekuasaan adalah kekuasaan Engkau, perlindungan adalah perlindungan Engkau. Wahai Allah! Jika rezekiku  ada di langit, maka turunkannlah;jika ada di dalam bumi, maka keluarkanlah; jika sulit, maka permudahlah;jika haram, maka sucikanlah; jika jauh, maka dekatkanlah; berkat kebenaran waktu Engkau, kekuatan Engkau, dan kekuasaan Engkau, Berikanlah aku apa saja yang telah Engkau berikan kepada hamba-hamba Engkau yang shaleh.”

Itulah Cara, Doa dan Niat Shalat Dhuha Lengkap yang dapat saya sampaikan semoga membantu anda yang sedang belajar agama dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui faidah dan keutamaan dari shalat dhuha juga shalat witir yang akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Advertisement