Niat Doa & Cara Shalat Tahajud Lengkap Dengan Terjemah


Advertisement
Advertisement
Cara Shalat Sunat Tahajud - Ada banyak amalan sunat yang kita kerjakan di malam hari dengan berbagai cara. Pahala yang diberikan Alloh pun sangatlah banyak diantaranya shalat sunat tahajud. Shalat yang dilaksanakan pada sepertiga malam yang lebih utama yang dibarengi dengan shalat sunat hajat, shalat sunat taubat, shalat witir dan shalat sunat yang lainnya.

Kata Tahajjud diambil dari kata tahajjada yatahajjadu tahajjudan yang berarti menurut bahasa ialah bagun tidur. Dengan demikian Shalat tahajjud ialah  shalat yang dilaksanakan pada malam hari setelah tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar. Jadi syarat untuk bisa melaksanakan shalat tahajud adalah telah tidur sebelumnya walau sebentar dan dilakukan di malam hari.

Pada kesempatan kali ini akan kami tuliskan Cara, Doa dan Niat Shalat Sunat Tahajud yang benar disertai dengan hukum, jumlah rakaat, cara pelaksaan, waktu yang tepat untuk tahajud, niat shalat tahajud, beserta bacaan latin dan terjemahan dari doa shalat sunat tahajud yang sangatlah lengkap dengan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Niat Doa & Cara Shalat Tahajud Lengkap Dengan Terjemah

Hukum Shalat Tahajud

Hukum shalat tahajud adalah sunat mu`akkad, yaitu sangat diajurkan, sebab, menurut hadist nabi, shalat yang paling utama dikerjakan setelah shalat fardhu adalah shalat tahajud.

Jumlah Rakaat Shalat Tahajud

Jumlah rakaat shalat tahajud minimal 2 rakaat, dan maksimal tidak terbatas. Jadi shalat tahajud boleh dikerjakan berapa saja. Sekuatnya. Rasulullah saw. pernah mengerjakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir. 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir ,dan 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. Jadi dalam melaksanakan shalat tahajud sebaiknya ditambah dengan shalat sunat witir.

Cara Pelaksanaan Shalat Tahajud

Shalat tahajud ini hendaknya dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat  (2 rakaat salam ). Sedangkan shalat sunat witirnya, jika dikerjakan lebih dari satu rakaat, misalnya 3 rakaat, boleh dikerjakan sekaligus dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dahulu, kemudian 1 rakaat sisanya.

Waktu Shalat Tahajud

Adapun waktu pelaksanaan shalat tahajud adalah setelah bangun dari tidur dan setelah shalat isya, baik di awal malam (sepertiga malam pertama, antara waktu Isya dan pukul 22.00WIB), tengah malam (sepertiga malam keduua, antara pukul 22.00 dan pukul 01.00 WIB), maupun akhir malam (sepertiga malam yang terakhir,antara pukul 01.00 dan menjelang subuh ) Sepertiga malam inilah waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahajud,karena, menurut hadist nabi, pada waktu itu rahmat ALLAH turun, sehingga barang siapa berdoa akan dikabulkan,barang siapa yang meminta akan diberikan, dan barang siapa yang memohon ampun akan diampuni oleh Alloh.

Cara pelaksaan shalat tahajud sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu, baik gerakan maupun bacaanya. Perbedaannya hanyalah pada niat.  

Niat shalat tahajud adalah:

أصَلِّي سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ
 USHALLII  SUNNATAT  TAHAJUDI  RAK’ATAINI  LILLAHITAALAA.

Artinya: “Aku (niat) shalat sunat tahajud 2 raka’at , karena Allah Ta’ala”

Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud, dilanjutkan dengan shalat sunat witir. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca do’a shalat sunat tahajud berikut, yaitu:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ,  وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ،  وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ،وَبِكَ آمَنْتُ ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ،  وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ اَعلَمُ به انت الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، ولاحول ولاقــــــــوة الا بالله العــــلي العــظيم

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAR

Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itubenar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Catatan:

Dalam membaca doa diatas dan doa-doa lainnya, sebaiknya diawali dengan membaca "hamdalah" dan "Shalawat kepada Nabi Muhammad" serta diakhiri dengan hamdalah pula seperti halnya doa setelah shalat fardhu. setelah selesai membaca doa hendaklah dilanjutkan dengan membaca "Istighfar" sebanyak-banyaknya.

Itulah panduan Cara Shalat Tahajud Lengkap Dengan Doa Tahajud semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa mengamalkannya. Ada hal yang tak kalah besar pahalanya untuk kita yaitu shalat istrikharah dan doanya untuk kita yang sedang memerlukan petunjuk yang baik dari Alloh SWT.

Advertisement