Niat dan Cara Mengerjakan Shalat Sunat Tahiyat Masjid


Advertisement
Advertisement
Cara Shalat Tahiyat Masjid - Amalan sunnat yang diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW. sangatlah banyak . Itu semata-mata untuk meraih ridhanya sang Khalik dengan total membaktikan diri untuk beribadah kepada-Nya selama hidup di dunia guna untuk bekal di akhirat nanti. Salah satunya adalah Shalat sunat tahiyat masjid artinya shalat penghurmatan ketika kita masuk mesjid.

Sebagai umat islam tentunya segala sesuatu itu ada adab atau etikanya, termasuk ketika kita memasuki masjid untuk beribadah atau amalan lainnya maka kita disunahkan shalat dua rakaat sebagai penghormatan terhadap masjid yang kita masuki sebagai etika kita memasuki rumah Alloh. Lebih lanjutnya mari kita simak lebih detil seputar Cara dan Niat Shalat Sunat Tahiyat Masjid.

Shalat sunat ini bisa dilaksanakan apabila seseorang yang masuk mesjid belum lama terdiam atau tidak pernah berbicara. Artinya shalat ini dilaksanakan begitu anda memasuki mesjid dan langsung melaksanakannya. Setelahnya anda bisa melaksanakan shalat sunat muthlak atau shalat sunat yang lainnya. 

Niat dan Cara Mengerjakan Shalat Sunat Tahiyat Masjid

Definisi Shalat Tahiyat Masjid

Shalat Tahiyat Masjid adalah shalat dua rakaat yang dikerjakan ketika kita masuk ke Masjid sebagai penghormatan kepada mesjid, karena mesjid termasuk Baitulloh atau Rumah Alloh. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam kata “Tahiyatul Masjid” yaitu penghormatan terhadap mesjid.

Cara Mengerjakan Shalat Tahiyat Masjid

Shalat tahiyat mesjid hukumnya adalah sunat dan dikerjakan sebelum kita duduk, baik hari jum’at ataupun hari yang lainnya, siang maupun malam, walaupun pada waktu-waktu yang terlarang (ketika masuk mesjid karena suatu sebab misalnya kalau hendak beri’tikaf, menuntut ilmu atau menunggu tibanya waktu shalat dan sebagainya)

Seseorang yang hendak pergi ke Masjid baik pada hari jum'at maupun hari lainnya, dalam perjalanan hendaklah membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُورًا وَمِنْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَمِنْ تَحْتِي نُورًا اللَّهُمَّ أَعْطِنِي نُورًا

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku dan pada lisanku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya pada penglihatanku, jadikanlah cahaya dari arah belakangku dan dari arah depanku, jadikanlah cahaya dari arah atasku dan dari arah bawahku, dan berilah aku cahaya!” (HR. Bukhari no. 6316 dan Muslim no. 763, dengan lafal Muslim)

Jika hendak masuk mesjid, maka dahulukan kaki kanan dan membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII, WAFTA_HLII ABWAABA ROHMATIK

Artinya: “Ya Alloh.. ampunilah semua dosaku dan bukakanlah bagiku pintu rahmat_Mu”

Jika telah berada di dalam mesjid, sebelum duduk hendaklah niat ber’itikaf dan dilanjutkan dengan mengerjakan shalat sunnat tahiyatul masjid dua rakaat.

Niat i’tikaf adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ اَنْ اِعْتِكَفَ فِى هَذَا المَسْجِدِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
 
Artinya: “saya berniat I’tikaf di mesjid, sunat karen Allah ta’ala"

Niat Shalat Tahiyatul Masjid adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةً تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالى

Artinya: "aku niat shalat sunat tahiyat masjid dua rakaat karena Alloh ta’ala"

Jika pada saat tiba di masjid shalat jum’at atau shalat berjamaah telah dimulai, maka shalat tahiyat masjid tidak perlu dikerjakan. Akan tetapi jika khotib sedang khutbah, maka boleh mengerjakannya dengan meringankan bacaan. Jika telah terlanjur duduk, maka tidak perlu bangun untuk mengerjakannya. Kemudian ketika hendak keluar dari mesjid, dahulukan kaki kiri dan membaca doa:

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ فَضْلِكَ

BISMILLAH, WASSALAAMU 'ALAA ROSUULILLAH, ALLOHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII,
WAFTA_HLII ABWAABA FADL-LIK

Artinya: “Ya Alloh.. ampunilah semua dosaku dan bukakanlah bagiku pintu karunia_Mu”

Itulah Niat dan Cara Mengerjakan Shalat Tahiyat Masjid yang dapat saya tulis semoga menjadi tuntunan yang bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan semoga bermanfaat.Untuk anda yang mempunyai kebutuhan atau hajat hendaknya selalu meminta dan memohon pertolongan hanya  kepada Alloh dengan shalat hajat yang benar

Advertisement