Tata Cara Bacaan Niat Shalat Sunat Mutlak


Advertisement
Advertisement
Cara dan Niat Shalat Sunat Mutlak - Salam sejahtera, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan cara pelaksanaan dan niat shalat sunat mutlak yang pelaksanaannya tidak ditentukan waktunya. Amalan sunat ini tentunya banyak sekali pahalanya karena merupakan perbuatan Rasul SAW. Panduan Shalat sunat mutlak tidak ada batasan rakaatnya, artinya boleh dilaksanakan berapa rakaatpun.

Shalat sunat mutlak tidak ada batasan maksimal, semakin banyak rakaatnya, semakin banyak pula pahalanya asalkan tidak dilaksanakan pada waktu yang dilarang atau pada waktu yang haram melakasanakan shalat. Cara Shalat Sunat Mutlak boleh dilaksanakan  pada siang maupun malam hari dengan pelaksanaan seperti shalat biasa.

Definisi Shalat Sunat Mutlak

Shalat mutlak adalah shalat yang tidak ditentukan waktunya, jumlah rakaatnya dan tak ada sebabnya.
Waktu pelaksanaannya kapan saja, kecuali pada waktu-waktu terlarang. Sedangkan jumlah rakaatnya boleh berapa saja, 1 rakaat, 2 rakaat, 3 rakaat, 4 rakaat dan seterusnya. Jika lebih dari satu rakaat, sebaiknya dikerjakan tiap 2 rakaat salam. Adapun surat yang dibaca itu boleh surat apa saja yang di kuasai.

Tata Cara Bacaan Niat Shalat Sunat Mutlak

Cara Pelaksanaan Shalat Sunat Mutlak

Cara pelaksanaannya sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu, baik gerakan maupun bacaannya. Perbedaannya hanyalah pada niat.

Niat Shalat Sunat Mutlak

Niat shalat mutlak 1 rakaat:

اصــلي ركعـــة ســـنة لله تعـــالى
USHALLI RAK’ATAN LILLAHI TAA’ALAA.

Artinya: ”Aku (niat)  shalat 1 rakaat sunat, karena Allah Taala.”

Niat shalat mutlak 2 rakaat:

اصــلي ركعـــتين ســـنة لله تعـــالى

USLAHHII RAK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA.

Artinya: “Aku (niat) shalat 2 rakaat, karena Allah Ta’ala.”

Itulah cara pelaksanaan Shalat sunat mutlak yang dapat saya tulis semoga bermanfaat dan semoga senantiasa kita selalu beribadah kapada Alloh SWT. Ada banyak hal untuk kita memperoleh petunjuk dari Alloh yaitu dengan cara shalat istikharah untuk memperoleh petunjuk dan shalat hajat untuk meminta apa yang kita inginkan pada Alloh.


Advertisement