Cara Pelaksanaan dan Niat Shalat Sunat Awwabin


Advertisement
Advertisement
Niat dan Cara Shalat Awwabin - Shalat sunat awwabin ialah shalat sunat yang dilaksanakan antara waktu maghrib dan isya sebanyak 2 rakaat. Waktu antara maghrib dan isya ini sangatlah banyak sekali padhilahnya dan banyak sekali amalan yang harus dikerjakan. Diantaranya setelah kita melaksanakan shalat maghrib dilanjutkan dengan shalat ba'da maghrib 2 rakaat dan setelahnya shalat sunat lagi 4 rakaat setelah itu baru kita melaksanakan shalat awwabin 2 rakaat.

Amalan inilah yang sering dilakukan oleh ulama salaf yang shalih dengan memperbanyak bacaan Al-qur'an serta bacaan dzikir dan tasbih untuk senantiasa kita ingat selalu kepada Alloh. Dengan memperbanyak dzikir kepada Alloh maka hati kita akan merasa tentram, tenang dan bersih. Sebagai mana yang telah disebutkan dalam kita Hikam, bahwa kita senantiasa harus membersihkan hati kita dari selain Alloh, maka Alloh akan semakin dekat dengan kita.

Pada kesempatan kali ini akan saya tuliskan untuk anda Bacaan Niat dan Cara Shalat Sunat Awwabin yang benar sesuai dengan panduan ilmu fiqh. Masih banyak lagi amalan-amalan shalat sunat lain di blog ini yang akan anda temukan dan anda baca. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Pelaksanaan dan Niat Shalat Sunat Awwabin

Definisi Shalat Awwabin
Shalat awwabin adalah amalan shalat sunat yang dikerjakan antara shalat maghrib dan isya. Waktu antara maghrib dan isya ini biasanya diabaikan orang. Oleh karena itu kita diperintahkan untuk kembali kepada Alloh (Awwabin). Pada saat orang-orang lalai, dengan cara menghidupkan waktu antara maghrib dan isya, baik melalui shalat, dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, tamjid, dan membaca al-Qur'an.

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunat Awwabin
Shalat sunat awwabin sebaiknya dikerjakan setelah selesai dzikir shalat maghrib, dan setelah shalat ba'diyah maghrib serta belum deselingi oleh ucapan atau perkataan apapun dan shalat ini tidak disunatkan berjamaah.

Jumlah Rakaat Shalat Awwabin 
Adapun jumlah rakaat shalat sunat awwabin yaitu paling sedikit dikerjakan 2 rakaat, dan bisa dikerjakan hingga 6 rakaat bahkan sampai 20 rakaat. Amalan sunat ini semakin banyak kita kerjakan maka semakin besar pula pahala yang akan kita dapatkan.

Cara Pelaksanaan Shalat Awwabin
Untuk pelaksanaan shalat sunat awwabin sama halnya dengan cara pelaksanaan shalat fardhu namun yang membedakannya ialah niatnya.

Niat Shalat Sunat Awwabin 

 أصَلِّي سُنَّةَ َ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ

"USHALLI SUNNATAL AWWABIINA RAK'ATAINI LILLAHI TA'AALAA"

Artinya : "Aku (niat) shalat sunat awwabin 2 rakaat karena Alloh ta'ala".

Surat yang dibaca setelah kita membaca surat Al-Fatihah adalah: a. Pada rakaat pertama : aurat Al-ikhlash 6 kali dilanjutkan dengan surat Al-falaq dan An-nas masing-masing 1 kali. b. Pada rakaat ke 2 membaca surat yang sama dengan rakaat pertama.

Rupanya itu yang dapat kami haturkan untuk anda sekilas tentang Cara, Doa, Niat Shalat Awwabin semoga dengan adanya artikel ini berguna bagi anda dan kita semua bisa melaksanakannya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Jangan lupa bagi anda yang mau tahu bagaimana tata cara shalat sunat dhuha maka anda dapat menemukannya di blog ini.

Advertisement