Hikmah Syarat dan Doa Bulan Puasa Ramadhan


Advertisement
Advertisement
Hikmah Puasa Wajib Ramadhan - Bulan puasa ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan ampunan, maka tak heran kalau bulan ini paling banyak dinantikan umat islam di seantero jagat raya sebagai wujud kecintaan kita kepada bulan agung yang sangat dimuliakan oleh Alloh SWT. Bahkan Rasul tercinta pernah berkata "Barangsiapa yang bergembira menyambut datangnya bulan Ramadhan, maka akan masuk surga".

Sejatinya hakikat puasa adalah membersihkan diri dari sifat tercela agar amalan puasa bisa diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Hakikat puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi menahan hawa nafsu yang merusak amaliah dan amalan puasa itu sendiri. Rasul telah menggambarkan bahwa di akhir zaman banyak orang berpuasa tapi hanya sebatas lapar dan haus.

Dapat kita fahami dari perkataan rasul di atas, bahwa puasa yang sebenarnya adalah puasa dzahir dan bathin, menahan hawa nafsu yang merusak pahala bahkan membatalkan puasa itu sendiri. Diantaranya kita harus menjaga lisan dari mencela, menggunjing dan berkata kasar. Juga yang tak kalah penting adalah menjaga hati dan membersihkannya dari segala penyakit hati seperti hasud, sum'ah, riya, sombong dan lainnya.


Berikut beberapa manfaat puasa Ramadhan yaitu :
  1. Puasa ramadhan sebulan penuh hakikanya adalah untuk kesehatan organ pencernaan kita selama satu tahun tida berhenti mengunyah makanan, maka saat inilah kita mengistirahatkannya. Rasul bersabda “ Berpuasalah kamu, maka kamu sehat”
  2. Dengan berpuasa maka tubuh kita akan seteril dan bersih kembali dari kotoran dan racun. Artinya dengan berpuasa itu adalah proses detoksifikasi alamiah untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh, membakar kalori yang berlebihan, dan menjaga metabolisme dalam tubuh tetap seimbang.
  3. Menjaga emosi dalam diri kita agar senantiasa tetap stabil dan terkontrol dengan baik. Dengan kondisi emosi yang semakin rileks dan terkendali maka berguna untuk menurunkan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah yang menimbulkan penyakit berat seperti jantung, stroke, rusak pembuluh darah dan lain-lain.
  4. Puasa memberikan efek positif untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Dengan demikian, puasa adalah obat mujarab bagi penderita diabetes, kolesterol tinggi, obesitas dan darah tinggi.

Berikut hikmah puasa bulan Ramadhan:
  1. Hikmah berpuasa sebagai mana hadits yang diriwayatkan imam Bukhari dan Muslim adalah salah satunya ialah diampuninya dosa selama satu tahun penuh.
  2. Melatih disiplin waktu di siang hari. Yaitu dengan keadaan tubuh kita lemas supaya tetap fit maka waktu harus diatur dengan istirahat yang cukup. Bagun sahur mengajarkan kita untuk senantiasa terbiasa bangun pagi agar kita tetap sehat.
  3. Menjaga keseimbangan hidup. Sebagai hamba Alloh yang beriman kita semua senantiasa diperintahkan untuk patuh pada semua yang diperintahkan-Nya. Namun banyak pula yang tak menghiraukan dengan perintah puasa ini padahal pada bulan ini semua amalan yang baik akan dilipatgandakan pahalanya oleh Alloh.
  4. Dengan puasa akan mempererat tali silaturrahmi antara sesame diantaranya dengan adanya buka bersama di masjid-mesjid dan berbagi rizqi bagi saudara kita yang kurang mampu.
  5. Dengan berpuasa kita akan terhindar dari berbuat dosa yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa itu sendiri karena puasa mengurangi hawa nafsu yang berlebihan dalam diri kita.
  6. Puasa mengjarkan kita hidup sederhana meskipun kita serba ada. Ketika adzan maghrib berkumandang kita semua makan secukupnya saja karena berlebihan hanyalah hawa nafsu saja.



Niat puasa ramadhan

Advertisement