Bacaan Niat Puasa Tarwiyah & Arafah Sebelum Idul Adha


Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah - Puasa tarwiyah dan arafah adalah salah satu puasa yang disunnahkan untuk kaum muslimin yang tidak pergi haji. Puasa tarwiyah dan arafah adalah puasa yang dilaksanakan sebelum pelaksaan ibadah haji, yakni tanggal 8 dan 9 dzulhijjah.

Puasa tarwiyah dan puasa arafah ini hukumnya sunat muakkad sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Imam Nawawi dan sebagian besar pendapat madzhab Syafi'i. Adapun yang lebih utama ialah puasa dari mulai tanggal 1-9 dzulhijjah dengan keutamaan yang amat besar.

Adapun keutamaan niat puasa tarwiyah dan arafah idul adha diantaranya diampuninya dosa selama dua tahun, yakni tahun yang telah lalu dan tahun berikutnya. Juga Alloh SWT akan menjaga kita dari perbuatan dosa dan dijauhkannya dari api neraka.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah & Arafah Idul Adha Arab Latin Artinya

Inilah Bacaan Niat Puasa Hari Tarwiyah

َنَوَيتُ صَوْمَ غَــدٍ مـِنْ يَوْمِ التَّرْوِيَّةِ سُــنَّةً لله تعالى

"NAWAITU SHAUMA GHADIN MIN YAOMI AT-TARWIYATI SUNNATAN LILLAHI TA'ALA"

Artinya: "Saya berniat puasa hari tarwiyyah sunat karena Alloh ta'ala"

Inilah Bacaan Niat Puasa Hari Arafah

َنَوَيتُ صَوْمَ غَــدٍ مـِنْ يَوْمِ عـَرْفـَـةَ سُــنَّةً لله تعالى

"NAWAITU SHAUMA GHADIN MIN YAOMI ARFATA SUNNATAN LILLAHI TA'ALA"

Artinya: "Saya berniat puasa hari Arafah sunat karena Alloh ta'ala"

Itulah Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah sebelum pelaksanaan idul adha yang sangat banyak sekali pahalanya. Seyogyanya kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa ini juga niat puasa senin kamis  dengan niat yang ikhlas karena Alloh semata dan Alloh akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda.

Advertisement