Bacaan Doa Niat Puasa Bulan Rajab Hukum dan Keutamaannya


Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Bulan Rajab - Bulan rajab adalah salah satu bulan yang sangat dimuliakan oleh Alloh yaitu bulan diisra dan dimi'rajkannya Nabi besar Muhammad yang agung tepatnya pada tanggal 27 rajab. Oleh karena isra mi'raj merupakan suatu kejadian yang amat maha dahsyat di luar nalar manusia biasa yang semua itu hanyalah kehendak Alloh yang maha kuasa dan tugas kita sebagai umat nabi adalah mengimani seluruhnya dengan sekuat-kuatnya iman.

Rajab adalah salah satu bulan yang agung, maka ada beberapa amalan sunnah di bulan ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad yang patut kita contoh, diantaranya adalah puasa sunnah tepatnya pada tanggal 1 sampai tanggal 10 yang pahalanya sangatlah besar. Sebagai umat muslim yang taat dan cinta pada sunnah Nabi maka hendaknya kita melaksanakan puasa minimal 3 hari di awal bulan rajab.

Puasa rajab ini hukumnya sunnah bukan wajib, namun meski demikian jika dilaksanakan kita akan mendapatkan pahala yang luar biasa karena bulan rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan Alloh. Amalan ini secara rutin dilakukan oleh nabi Muhammad SAWdan para sahabatnya sebagai bekal ibadah sunnat di akhirat kelak, karena ibadah sunnah kalau diibaratkan sebagai keuntungan besar, dan ibadah fardhu kalau diibaratkan sebagai modal dalam usaha.


Lafadz Niat Puasa Sunat Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : "Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala"

Keutamaan Puasa Bulan Rajab

Oleh karena bulan rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan Alloh (Asyhurul Hurum) maka segala perbuatan ibadah baik fardhu maupun sunnat akan berbeda sekali fahalanya dengan bulan lainnya. Diantara keutamaan puasa bulan rajab sebagaimana yang telah disabdakan rasul 2.    "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."

Dalam riwayat lain al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid meriwayatkan: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."

Itulah Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya yang dapat saya tuliskan di artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua di dunia dan di akhirat. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk khalayak umum di fb, whatapp dan di media sosial lainnnya. Baca juga niat puasa ramadhan yang sebentar lagi kita laksanakan, semoga kita semua diberikan kekuatan iman islam lahir dan bathin.

Advertisement