Tata Cara Bacaan Doa Niat Puasa Sunat Bulan Syawal


Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Sunat Bulan Syawal - Bulan Syawal adalah bulan yang sangat dinantikan oleh segenap umat muslim yaitu hari idul fitri yang merupakan hari kemenangan umat muslim di seluruh dunia. Pada hari ini kita di sunnahkan memperbanyak membaca tahmid, takbir dan tahlil sebagai tanda mengagungkan kita pada sang khaliq.

Pada hari pertama bulan syawal kita diharamkan untuk berpuasa baik itu fardhu ataupun sunat karena pada hari idul fitri ini adalah sebuah keistimewaan dari Alloh untuk semua umat muslim. Namun pada hari berikutnya kitapun di sunnahkan untuk berpuasa 6 hari dan alangkah baiknya dilaksanakan pada tanggal 2-7 syawal.

Jika pada tanggal tersebut kita tidak bisa melaksanakan puasa sunnah maka pada tanggal berikutnya masih bisa kita malakukannya asalkan masih di bulan syawal. Lalu apa keistimewaan puasa sunat syawal...? Nabi bersabda bahwa puasa ramadhan itu pahalanya sama seperti puasa 1 tahun atau 1 hari berbanding 10 pahala kebaikan.


Mari kita buktikan, jika puasa ramadhan adalah 30 hari maka 30x10=300 hari, sedangkan 1 tahun itu 360 hari kalau dalam hitungan bulan hijriyyah, dengan demikian maka puasa 6 hari di bulan syawal adalah sebagai pelengkap maka 6x10=60 hari. Jadi 360 hari. Nah inilah rahasia disunatkannya puasa sunat 6 hari bulan syawal

Niat Puasa Sunat Bulan Syawal

نَوَيْتُ صَـــوْمَ غَــدٍ عَـنْ ِستَـةٍ ِمنْ شَـوَّالَ سُنَـــةً ِللَه تَعَالَي

NAWAITU SHAUMA GHADIN ‘AN SITTATIN MIN SYAWWALA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya: Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal sunnat karena Alloh.

Advertisement